Jumat, 07 Juni 2013

PRINSIP MANAJEMEN




            PRINSIP-PRINSIP EVALUASI
            Evaluasi adalah penilaian tentang suatu aspek yang di hubungkan  denagn situasi aspek lainnya sehingga di peroleh suatu gambaran yang menyeluruh yang di tinjau dari berbagai segi. Evaluasi di artikan sebagai pproses penilaian tentang keberhasilan tujuan-tujuan pendidikan yang dapat di capai. Sehubungan dengan itu, dalam pelaksanaan evaluasi  perlu di perhatikan  beberapa prinsip sebagai dasar pelaksanaan penilaian. Prinsip-prinsip tersebut adalah sebagai berikut:
a.       Penilaian hendaknya di dasarkan atas hasil pengukuran yang komperhensif.
b.      Evaluasi harus di bedakan antara penskoran dan penilaian.
c.       Dalam proses pemberian nilai hendaknya di perhatikan dua macam dalam penilaian yaitu penialaian yang norm referenced dan yang orientation referenced.
d.      Pemberian nilai hendaknya merupakan bagian integral dari proses belajar mengajar.
e.       Penilaian hendaknya berifat komparabel.
f.       Sistem penilaian yang di pergunakan hendaknya jelas bagi siswa dan bagi pengajar sendiri.
a.       , artinya segi-segi yang menyangkut sikap, minat, perhatian, keterampilan murid itu sendiri sebagai akibat dari proses belajar-mengajar.
b.      Segi isi pendidikan artinya penguasaan materi pelajaran yang di berikan oleh guru dalam proses belajar-mengajar.
c.       Segi-segi yang menyangkut proses belajar dan mengajar perlu di berikan penilaian secara objektif dari guru sebab baik tidaknya hasil belajar yang di capai oleh murid.
Ketiga sasaran di atas harus di evaluasi secara menyeluruh, artinya jangan hanya di nilai segi penguasaan materi semata-mata, tetapi harus di nilai segi-segi perubahan tingkah laku dalam proses belajar-mengajar.
Dengan menetapkan sasaran di atas maka seorang guru akan mudah menetapkan alat-alat evaluasinya. Adapun segi-segi yang di ukur dalam evaluasi ini adalah sebagai berikut:
a.       Kedudukan akademis setiap murid, baik di bandingkan dengan teman sekelasnya, sekolahnya, maupun dengan sekolah-sekolah lain.
b.      Kemajuan belajar dalam suatu mata pelajaran tertentu, misalnya tauhid tarikh, dan sebagainya.
c.       Kelemahan dan kelebihan murid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar