Kamis, 06 Juni 2013

MANFAAT BERBAKTI KEPADA ORANG TUA



MANFAAT BERBAKTI KEPADA ORANG TUA

           
 Setiap manusia pasti mengharapkan kebahagiaan dan kesuksesan baik itu di dunia dan di akhirat, memperoleh kemudahan dan keluasan rezeki dan keberkahan di dalamnya. Untuk itu, setiap manusia harus mengenal rambu-rambu yang dapat mengantarkan kita padanya. Juga akibat durhaka pada mereka, agar kita terhindar dari hambatan dan penghalang untuk meraih harapan dan cita-cita.
           

 Allah SWT menegaskan dalam firman-Nya”Rendahkan dirimu kepada mereka denagan penuh kasih sayang dan ucapkan: Duhai Tuhanku sayangilah mereka berdua sebagaimana mereka menyayangiku dan mendidikku di waktu kecil.” (Al-Isra’:24) Rasulullah juga bersabda dalam hadisnya” Berbaktilah kamu kepada orang tuamu, niscaya anak-anakmu akan patuh kepadamu. Jagalah kesucian iistri orang lain, niscaya kesucian istrimu akan terjaga. Berbakti kepada kedua orang tua tidak hanya sewaktu mereka hidup saja, Rasulullah SAW pernah di tanyai sahabatnya, “Siapakah yang paling besar haknya terhadap seseorang? Beliau menjawab:”Kedua orang tuanya” Kemudian dia bersabda” Sesungguhnya ada orang yang berbakti kepada kedua orang tuanya ketika mereka hidup, jika ia tidak memohonkan ampunan kepada mereka setelah meninggal, maka ia di catat sebagai anak yang durhaka kepada keduanya. Dan sungguh ada orang yyang durhaka kepada kedua orang tuanya ketika mereka masih hidup, tapi setelah ia meninggal ia memperbanyak istighfar untuk mereka, maka ia di catat sebagai anak yang berbakti.
           

 Tingkat kewajiban kepada kedua orang tua harus kita tanamkan dengan kuat” Berbakti kepada kedua orang tua adalah kewajiban yang paling besar.Ada tiga hal yang wajib di laksanakan: Menunaikan amanat kepada orang yang baik atau yang zalim, memenuhi janji kepada orang yang baik atau yang zzalim, dan berbakti kepada kedua orang tua yang baik atau yang zalim.”
           

 Sebagaimana durhaka berdampak kedalam kehidupan manusia, juga berbakti kepada kedua orang tua memilki dampak dan akibat fositif kedalam kehidupan, dan manfaat itu antara lain:
·         Diridhai oleh Allah Aza wa Jalla
Dalam hadis qudsi Allah SWT berfirman bahwa sesungguhnya yang pertama kali di catat oleh Alah di lawhil mahfuzh adalah kalimat: Aku adalah Allah, tiada tuhan kecuali Aku, barang siapa yang di ridhai oleh kedua orang tuanya, maka aku meridhainya, dan barang siapa yang di murkaioleh keduanya, mak aku murka kepadanya,,.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar